MENGAPA SERINGKALI KITA MEMPUNYAI KARAKTER YANG BURUK ?

Seringkali kita melihat konflik satu dengan yang lain antara hubungan sesama manusia terjadi baik di dalam keluarga, tempat ibadah, dunia usaha, goverment dll… Mengapa hal itu terjadi demikian? Ini terjadi karena sifat & karakter manusia yang unik dan berbeda-beda. Perbedaan dan keunikan ini yang seringkali jika tidak dipahami akan mengakibatkan konflik bahkan berakhir dengan perpecahan.

Untuk lebih mengenal keunikan sifat manusia, alangkah baiknya kita melihat siapa diri kita lebih dahulu. Apakah kita sudah mengenal diri kita sebenarnya ? SIKAP/PRILAKU kita ternyata terbentuk dari 3 hal (DR. Jakoep Ezra). Mari kita lihat gambar dibawah ini :

Image

 

TEMPERAMEN adalah Perilaku yang diekspresikan pada situasi normal (permanen, bisa berubah secara sementara);

KARAKTER adalah Perilaku yang diekspresikan pada situasi tertekan dan ditinggikan (bisa berubah);

PERSONALITI adalah Perilaku yang diekspresikan di depan orang lain (bisa berubah-ubah).

 

Ternyata unsur terbentuknya Temperamen dapat dilihat pada gambar di bawah ini :   

Kode Genetika orang tua (DNA) adalah Gen pembawa sifat dari keturunan… Pada zaman Adam, Gen yang dimiliki Adam adalah Gen dari AImagellah ( Serupa & Segambar), tapi karena Adam jatuh dalam dosa, sifat dari Gen itu mengalami perubahan dari yang BAIK menjadi JAHAT dan terus bermultiplikasi sampai kepada manusia sekarang. Misalnya : Jika orang tua seseorang mempunyai sifat buruk yang pemabuk, maka anaknya menurunkan sifat buruk itu juga.

Pengalaman masa lalu terbentuk dari apa yang terjadi di Keluarga, Lingkungan dll. Jika pengalaman masa lalu menghasilkan Kepahitan yang terpendam, maka akan terjadi sifat yang tidak baik untuk orang tersebut.

Pola Model adalah figur yang diidolakan manusia tersebut dari sejak kecil hingga dewasa. Jika figur Penyanyi Rock yang menjadi pola modelnya, maka sifat dan prilaku penyanyi rock tersebut akan menjadi bagian dari prilaku dasarnya.

Faktor X adalah faktor yang khusus yang jarang terjadi di antara manusia.

Ternyata TEMPERAMEN ini adalah prilaku dasar yang permanen yang harus kita perhatikan. Pengaruh Gen dari keturunan yang negatif seringkali menurun kepada anak-anaknya. Bagaimana jika itu terjadi dengan anda? Anda harus datang kepada Sang Pencipta (dalam hal ini penulis menganjurkan kepada Yesus Kristus, Tuhan kita) untuk dapat mengubahkan pengaruh negatif. Setiap hari anda harus berdoa dan membaca serta merenungkan bahkan melakukan firman-Nya. Karena di dalam melakukan hal tersebut pengaruh negatif dari keturunan makin lama makin berkurang…

Kedua, jika anda mempunyai PENGALAMAN MASA LALU yang mendatangkan kepahitan, kekecewaan dll terutama terhadap orang tua dan lingkungan maka hal tersebut harus dilepaskan… Kepahitan akan membentuk banyak sifat negatif seperti pemberontakan, iri hati dll. Cara satu-satunya adalah datang berlutut kepada Yesus Kristus dengan PENGAMPUNAN kepada orang yang pernah melukai anda. Hal ini harus tuntas dilepaskan, bahkan setiap hari anda harus mengampuni orang yang menyakiti hati anda.

Pola Model yang mengakibatkan prilaku negatif harus dibuang jauh-jauh. GANTILAH figur negatif dengan figur Yesus Kristus sendiri sebagai pola model yang harus diikuti. Hal ini dapat anda lakukan dengan membaca, merenungkan firman-Nya supaya anda mengenal siapa Yesus Kristus itu.

Sekarang ini bagaimana TEMPERAMEN, KARAKTER dan PERSONALITI anda ? Apakah anda sering konflik dan mempunyai prilaku yang cenderung buruk.. Anda beruntung karena sudah ada ALAT DIAGNOSA untuk ketiga prilaku tersebut. 

Alat diagnosa prilaku itu disebut FOTO KARAKTER. Anda hanya menjawab 48 pertanyaan dalam waktu +/- 10 menit lewat website dan akan keluar hasilnya… Anda bisa langsung masuk ke website : http://www.fotokarakter.com  atau dapat menghubungi penulis untuk minta penjelasan lebih lanjut… (Hubungi 081617175867 – 082113021761)

Selamat mencoba

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s