PERAN SEORANG BAPA

Renungan pagi:

Hakim-hakim 2:10-11:

“Setelah seluruh angkatan itu dikumpulkan kepada nenek moyangnya, bangkitlah sesudah mereka itu angkatan yang lain, yang tidak mengenal TUHAN ataupun perbuatan yang dilakukan-Nya bagi orang Israel. (11) Lalu orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka beribadah kepada para Baal.”


“Seluruh angkatan itu”
adalah rakyat Israel dalam kepemimpinan Yosua yang tetap setia kepada TUHAN yang telah menyertai mereka. Setelah mereka meninggal dunia, keturunan mereka tidak mengikuti kesetiaan mereka kepada TUHAN sehingga keturunan mereka menyembah Baal.

Mengapa keturunan mereka tidak mengikuti jejak kesetiaan ayahnya? Kemungkinan besar pola pendidikan terhadap anak-anak kurang berperan. Ulangan 6 menjelaskan peran utama seorang ayah di dalam mendidik anak-anak menentukan sikap hidup masa depan anak-anak. 

Amsal 22:6 : “Didiklah orang muda (child) menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Salomo menekankan pendidikan anak tentang ALLAH yang benar menentukan masa depan anak tsb. Keberhasilan mendidik anak adalah peran seorang ayah di tengah keluarganya.

Bagaimana dengan anda dalam mendidik anak-anakmu? (PS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s